Ini Dia Perancang Batik yang digunakan Tim Arsenal...?

Para punggawa klub Arsenal ternyata menyuguhkan kado spesialnya bagi para pendukung The Gunners Indonesia. Sebelum bertolak ke Jakarta, enam pemain klub raksasa London Utara itu mengenakan pakaian khas Indonesia, batik.

Ini Dia Perancang Batik yang digunakan Tim Arsenal...?
 

 

Dalam video berdurasi 1 menit 36 detik di situs resmi Arsenal, Tomas Rosicky, Olivier Giroud, Mikel Arteta, Lukas Podolski, Per Mertesacker, dan Wojciech Szczesny mengenakan batik untuk sesi pemoretan yang istimewa. Pemoretan itu dilakukan di The Shenley Training Centre, tempat latihan Arsenal.

Batik yang dikenakan tim ini berhiaskan logo klub dengan dua desain. Batik warna merah dikenakan Podolski dan Szczesny yang didominasi warna merah dengan logo Arsenal. Sementara Arteta, Giroud, Rosicky, dan Mertesacker mengenakan batik dengan perpaduan hijau, putih, merah marun, dan cokelat bermotif seperti bunga melati dan matahari.

Siapa sebenarnya siapa perancang batik untuk tim Arsenal? Tempo menghubungi Ade Kartika, Vice Precident Alleira. "Wah, tim Arsenal pakai batik ke Indonesia?" kata Ade melontarkan pertanyaan. "Saya tidak tahu siapa yang merancang batik yang mereka kenakan. Bukan kami Alleira. Secara pribadi, kalau kami yang diberi kesempatan dan memiliki akses sangat ingin sekali. Tetapi sungguh kami tidak tahu menahu," kata Ade yang dihubungi melalui telepon seluler, Jumat, 12 Juli 2013.

Selama ini Alleira pernah mendapat kesempatan mendandani beberapa tamu internasional dengan batik. Di antaranya adalah bintang tamu musisi internasional di acara Java Jazz, beberapa Miss Universe, dan para tokoh dunia yang menghadiri acara konferensi di Indonesia.

Berdasarkan pengamatan Ade , dia melihat batik dalam foto tim itu--yang bergaya dengan batik--berasal dari pengerajin Yogya. "Dengan melihat fotonya, saya kira batik yang dipakai karya pengerajin asal Yogya. Saya pernah membaca sebuah artikel di Yogya ada salah satu pengerajin yang suka membuat batik dengan logo-logo kesebelasan bola. Bisa jadi mereka yang diminta Arsenal membuatkan batiknya," ungkap Ade panjang lebar.

Sementara perancang Era Soekamto yang dihubungi melalui pesan singkat blackberry menuliskan, "Aku enggak tahu Mbak siapa yang merancang batik untuk tim tersebut."

Dalam pesan tersebut, Era menuliskan dia ikut bangga batik pun kini dipakai oleh tim dunia seperti Arsenal. "Batik memang memiliki masa depan global dan menjadi kebanggaan Indonesia," ujarnya. (Tempo)

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More