Pesawat Wisata Luar Angkasa Bertiket Rp 1,9 Miliar Jalani Tes Terbang

Pesawat wisata angkasa yang dibesut Virgin Galactic milik miliuner Inggris Sir Richard Branson mulai melakukan tes penerbangan dengan menggunakan roket kemarin. Pesawat ini rencananya akan melayani penerbangan ke luar angkasa dengan tiket US$ 200 ribu atau sekitar Rp 1,9 miliar.

Virgin Galactic
Virgin Galactic

SpaceShipTwo, demikian nama pesawatnya, menggunakan mesin buatan WhiteKnightTwo yang bisa melakukan penerbangan hingga 47 ribu kaki (14 ribu meter) di atas gurun Mojave California.

Pesawat ini terbang dengan menggunakan roket yang diperkirakan bisa berkecepatan 1,2 kali kecepatan suara. "Untuk pertama kalinya, kami bisa menguji komponen utama dari sistem integrasi penerbangan ini," ujar Branson dalam keterangannya yang dikutip dari AFP, Selasa (30/4/2013).


Branson yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia ini mengatakan, diprediksi pesawat ini bisa terbang penuh ke luar angkasa di akhir tahun ini. Tes terbang berakhir sempurna, dan pesawat yang dikendarai oleh pilotMark Stucky dan Mike Alsbury ini mendarat dengan sempurna.

 


Selanjutnya, perusahaan ini berencana untuk menerbangan roket lebih lama lagi, untuk membawa SpaceShipTwo ke ketinggian 328 ribu kaki (100 kilometer) di luar angkasa.

Saat ini,sudah ada 500 orang yang memesan tiket pesawat luar angkasa ini dengan mendepositkan uang US$ 200 ribu per orang.

Branson mengatakan, akan membawa keluarganya dalam penerbangan pertama pesawat ini untuk menunjukkan soal keselamatan dan keamanan pesawat tersebut. Pesawat ini bisa membawa 6 orang dalam sekali penerbangan. (Detik)

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More