Planet Mirip Bumi Akan Ditemukan Tahun Depan

Planet pertama yang benar-benar mirip Bumi dipastikan akan ditemukan pada 2013. Temuan ini akan menjadi salah satu puncak perjalanan umat manusia yang tak pernah putus mencari planet altenatif tempat tinggal di alam semesta ini. Demikian ungkap Abel Mendez, astronom Planetary Habitability Laboratory, Universitas Puerto Rico di Arecibo. Keyakinannya ini tidak saja hanya didasarkan pada ukuran dan gambaran suhu permukaan planet serta teknik penelitian, tapi sudah jauh lebih detail dari itu.

Planet Mirip Bumi Akan Ditemukan Tahun Depan

�Saya sudah sangat yakin tentang penemuan ini, dan temuan ini akan diumumkan tahun depan,� ujar Mendez kepada space.com, Kamis, 27 Desember 2012. Bersama tim astronom Kepler Space Telescope yang sejak 2009 telah memetakan 2.300 kandidat planet mirip Bumi atau biasa disebut Alien Earth, ia rupanya telah menyaringnya hingga sekitar 100 planet. Mirip Bumi, planet-planet ini memiliki sistem tata surya sendiri, yang dalam ilmu keastronomian biasa disebut exoplanet.


Mendez dan tim Kepler menganggap perlu memberikan penegasan berkali-kali karena sebelum ini sudah ada sekian tim astronom lain yang melakukan upaya serupa. Pada 2007 misalnya sebuah tim mengumumkan Gliese 581d sebagai exoplanet yang mirip Bumi. Namun, seiring perjalanan waktu, planet yang diyakini memiliki air ini dinilai masih jauh dari mirip karena ukurannya yang terlampau besar (tujuh kali ukuran Bumi).

Belakangan, sifat kemiripan tersebut sudah dipertajam bahkan hingga masalah orbit dan besarnya limpahan cahaya Matahari yang diterima. Harus benar-benar mendekati apa yang dimiliki Bumi. Demikian pula soal jarak dari pusat tata surya. Tidak boleh terlalu jauh dan terlalu dekat. Ini penting, untuk menjamin keberadaan air yang dimilikinya. Terlalu dekat air yang akan menjadi unsur terpenting untuk menopang kehidupan akan mudah menguap. Sementara jika terlalu jauh, akan gampang membeku. Jadi memang harus mendekati betul, dan planet mana itu tunggu saja jawabannya tahun depan.



Sumber : Angkasa

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More